Articles

Find Our Latest News

Mau Ngalahin Jam Alarm? Inilah 5 Tips Jadi Morning Person

Mau-Ngalahin-Jam-Alarm-Inilah-60.jpg

Jika tuntutan pekerjaan, jadwal sekolah, atau tujuan pribadi mengharuskan kamu untuk lebih produktif saat pagi hari, kamu perlu mengubah siklus tidur. Dikutip dari Health Line, berikut beberapa tips yang direkomendasikan.

  1. Ubah Jam Tidur Secara Bertahap
    Tidur malam yang nyenyak penting untuk kesehatan tubuh. Pakar tidur merekomendasikan agar kamu mulai tidur dari 20 menit lebih awal setiap malam. Pindahkan rutinitas malam hari lebih awal agar kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup sebelum alarm pagi hari berbunyi.
  2. Warna Cahaya Ini Bantu Menyetel Jam Tubuh
    Tubuh memiliki jam bagian dalam yang mengatur ritme sirkadian. Jam itu sangat sensitif terhadap perubahan cahaya. Faktanya, tubuh mampu melepaskan hormon melatonin yang memicu tidur sebagai respons terhadap cahaya berwarna matahari terbenam. Sebaliknya, cahaya biru seperti fajar, merangsang respons bangun di tubuh. Batasi keterpaparan perangkat yang memancarkan cahaya biru (seperti ponsel dan tablet) menjelang waktu tidur, dan pilih lampu malam dan lampu samping tempat tidur dengan lampu kuning atau merah yang meniru warna matahari terbenam saat mengantuk.
  3. Lakukan Rutinitas Malam Hari Yang Menenangkan
    Kamu bisa membuat rutinitas yang mengirimkan sinyal waktu tidur ke otak. Meditasi, menyalakan aromaterapi, membaca buku, menulis jurnal, dan ritual menenangkan lainnya bisa membantu kamu mengembangkan rutinitas malam hari yang menyenangkan dan menenangkan yang mendorong siklus tidur lebih awal.
  4. Gabungkan Olahraga Dalam Kegiatan Sehari-Hari
    Dengan rutin berolahraga, kamu bisa menggerakkan fase tidur lebih awal di malam hari. Dalam sebuah studi baru-baru ini melacak pola olahraga dan siklus tidur dari 52 peserta, mereka bisa memajukan siklus tidur mereka ke waktu sebelumnya dengan berolahraga di pagi atau sore hari.
  5. Beri waktu
    Menjadi morning person tidak akan terjadi dalam semalam. Semuanya butuh proses dan cobalah untuk menghormati jadwal baru sesering mungkin. Dalam jangka panjang, konsistensi tersebut akan memberikan hasil yang lebih baik.

Share This Post