Articles

Find Our Latest News

Saya Siap Hadapi Covid-19!

saya-siap-hadapi-covid-192-23873.jpg

Sejumlah orang panik ketika mengetahui ada 2 warga negara Indonesia yang dikabarkan positif corona atau covid-19. Saat itu pula, beberapa masyarakat memborong masker, hand sanitizer hingga sabun cuci tangan di toserba sampai stok habis. Tanpa disadari perilaku rush buying ini tidak memberikan manfaat dikarenakan hanya terfokus pada alat-alat kebersihan bukan sebaliknya terhadap kesehatan tubuh kita sendiri.

Benar adanya covid-19 sudah ditetapkan pandemik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), namun yang perlu diperhatikan dalam menghadapi virus corona ialah menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Misalnya mulai dari mencuci tangan, menggunakan masker apabila tubuh dalam kondisi sakit serta mengonsumsi makan makanan yang mengandung vitamin c untuk penambah kekebalan tubuh.

Dikutip dari independent.co.uk ada tujuh cara yang harus dilakukan dalam menghindari virus corona yang saat ini sudah mulai menyebar ke daerah Jabodetabek. Simak hal-hal sederhana di bawah ini ya!

1. Jangan selalu mendengarkan pikiran
Seorang konsultan psikolog Dr Michael Sinclair mengatakan, jangan cuma mendengarkan apa yang pikiran katakan, tapi lihat bukti untuk mengungkap kebenarannya. `Kita harus sadar bahwa seringkali itu cuma pikiran kita, bukan kenyataan`, ujarnya. Sementara Naves menambahkan, setiap orang punya kendali atas apa yang dipikirkannya, meski kadang sulit untuk mengendalikannya. Menurutnya, rasa khawatir tidak akan menjamin hasil yang lebih baik. Jadi, saran dia, berusahalah untuk mengalokasikan ruang otak untuk hal-hal penting lainnya.

2. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh
Permukaan benda yang seringkali disentuh, termasuk meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, hingga tempat tidur. Selain itu, bersihkan pula semua permukaan yang mungkin tersentuh darah, feses, atau cairan tubuh. Gunakan semprotan pembersih dan lakukan pembersihan sesuai instruksi atau petunjuk yang tertera. Misalnya, prosedur pemakaian sarung tangan hingga ventilasi yang cukup saat penggunaan semprotan pembersih. Kamu juga bisa melarutkan 95ml bayclin dengan 905ml air untuk membuat larutan disenfektan.

3. Memperhatikan gejala yang muncul
Carilah pertolongan medis sebelum penyakit semakin memburuk. Sebelum mencari layanan tersebut, jangan lupa untuk menghubungi terlebih dahulu dan menceritakan apa yang dialami untuk segera dievaluasi. Gunakan masker sebelum menuju layanan kesehatan. Bertanyalah kepada layanan kesehatan untuk menghubungi kewenangan kesehatan di negara atau wilayah tersebut. Orang yang berada di bawah pengawasan aktif ataupun pengawasan sendiri harus mengikuti instruksi yang disediakan oleh departemen kesehatan setempat. Jika kamu memiliki kondisi darurat, hubungi hotline dari kewenangan kesehatan setempat. Jika memungkinkan, gunakan masker sebelum petugas medis darurat datang.

4. Menggunakan masker
Ketika sakit, kamu harus menggunakan masker saat berada di sekitar orang lain, binatang peliharaan, atau jika akan memasuki kantor penyedia layanan kesehatan. Jika kamu tidak dapat menggunakan masker, orang yang tinggal bersama kamu tidak diperbolehkan untuk berada dalam ruangan yang sama. Atau sebaliknya, orang tersebut harus menggunakan masker ketika masuk ke ruangan kamu.

5. Berjemur di bawah matahari pagi
Spesialis mikrobiologi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dr Fera Ibrahim merasa Indonesia harus merasa beruntung. Cuaca yang memiliki panas terik matahari sepanjang tahun dianggap membuat penyebaran Virus Corona sulit berkembang. Dalam sinar matahari, terdapat sinar UV yang bisa menonaktifkan virus-virus tersebut. Itu yg membantu Indonesia bisa terhindar dari Virus Corona.

6. Menutupi batuk dan bersin di tempat umum
Tutupi mulut dan hidung kamu dengan tisu ketika batuk atau bersin. Buang tisu yang telah digunakan dalam tempat sampah. Setelah itu, segera mungkin cuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik. Selain itu, bisa juga membersihkan tangan dengan pembersih tangan yang mengandung 60 persen hingga 95 persen alkohol. Sabun dan air harus digunakan jika tangan terlihat kotor.

7. Hindari penggunaan alat-alat pribadi secara bersama
Penggunaan alat-alat pribadi bersama yang harus dihindari misalnya adalah gelas, peralatan makan, dan handuk. Setelah digunakan, peralatan tersebut harus segera dicucui dengan sabun dan air.

Share This Post